Jelajah Sumpah Pemuda

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Komunitas Historia Indonesia kembali mengadakan event Jelajah Sumpah Pemuda. Event Jelajah Sumpah Pemuda atau #JSP2014 ini diadakan pada Minggu (26/10) atau dua hari sebelum hari peringatan Sumpah Pemuda


Antusiasme para peserta sudah terlihat bahkan sebelum event dimulai. Pukul 7 tepat, peserta sudah memadati meeting point yaitu Tugu Proklamasi.


Event #JSP2014 dimulai pada pukul 07.45 dan dipimpin langsung oleh founder kita, kang Asep Kambali. Selain itu beliau juga menjelaskan mengapa Tugu Proklamasi dipilih sebagai meeting point event ini. “Tidak akan ada proklamasi, tanpa adanya sumpah pemuda”, begitu ucap beliau.


Sesi opening ditutup dengan foto bersama di depan tugu Proklamasi



Selanjutnya perjalanan dimulai, persinggahan pertama adalah bioskop Metropole yang mana merupakan salah satu gedung bersejarah. Bioskop ini
dibangun pada tahun 1932 sebagai Bioscoop Metropool dan saat ini dikelola oleh 21 Cineplex Group



Berikutnya berturut-turut melewati Fakultas Kedokteran UI,

Menyusuri Pasar Kenari, dan kembali singgah di Museum MH. Thamrin


Mohammad Husni Thamrin adalah seorang putera Betawi. Begitu banyak jasa beliau sehingga gelar Pahlawan Nasional tersemat pada dirinya. Beliau lahir pada 16 Februari 1894 dan wafat pada 11 Januari 1941 (umur 46 tahun) setelah menjadi tahanan rumah selama 5 hari.



Dahulu Museum MH. Thamrin ini adalah Gedung Sekretariat Permufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI) atau sehingga dikenal sebagai Gedung Permufakatan.



Perjalanan berlanjut ke Asrama Vincentius, dengan melewati beberapa gedung bersejarah seperti RSAD Ridwan Meuraksa, Gedung Pertamina Lama dan Gedung Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.


Setelah tour singkat di dalam gedung asrama dan para peserta menyumbang untuk adik-adik penghuni asrama, para peserta bergerak menuju lokasi finish #JSP2014 yaitu Museum Sumpah Pemuda.

Di tempat ini Kang Asep Kambali menyampaikan refleksi event Jelajah Sumpah Pemuda


Closing statement dari kang Asep Kambali dan berdoa bersama mengakhiri Jelajah Sumpah Pemuda.


Terimakasih kepada seluruh peserta, seluruh instansi terkait, dan juga seluruh panitia Jelajah Sumpah Pemuda 2014. Sampai jumpa di
Jelajah Sumpah Pemuda 2015

Salam Historia!



(VP/271014)




Comments

You need to login to give a comment